Ketua Komisi I H Andi M Yusuf

 

PENAJAM – Program legislasi daerah (Prolegda) yang akan menjadi produk hukum Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), oleh DPRD PPU melalui Badan Legislasi (Baleg) telah menetapkan pembahasan 164 Rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk dijadikan sebagai Peraturan daerah (Perda) kabupaten PPU. Demikian diungkapkan, ketua Komisi I DPRD PPU, Andi M Yusuf, kemarin.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat Baleg beberapa waktu lalu, telah ditetapkan sebanyak 164 Raperda yang harus dituntaskan pembahasannya menjadi Perda PPU dari tahun 2009 hingga 2013 depan. Dan ini telah disepakati oleh Pemerintah kabupaten sebagai pihak esekutif dan  DPRD sendiri. Prolegda ini telah ditetapkan bersama-sama sejak tahun 2009 silam,”tandasnya.

Untuk diketahui, sejak dilantiknya anggota DPRD PPU, pada tahun 2009 lalu DPRD PPU telah menetapkan sebanyak 31 Raperda menjadi Perda, dan tahun 2010 sebanyak 27 perda dan di 2011 ini pihaknya telah merencanakan sebanyak 27 Raperda lagi untuk disahkan menjadi Perda PPU. Sedangkan sisanya akan dibahas pada tahun-tahun selanjutnya.

“Pengesahan Raperda yang diusulkan oleh Pemkab ataupun berasal dari inisiatif DPRD PPU sendiri tidak bisa begitu saja langsung disahkan menjadi Perda. Namun semua Raperda yang masuk harus melalui proses pembahasan pada dua  Panitia khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD PPU,”terangnya.

Menurut Yusuf,  usulan reperda yang masuk  berasal dari pemerintah kabupaten pembahasan juga dilakukan dengan cara study kelayakan dan  pengkajian akademis lebih  mendalam, sehingga setelah ditetapkan tidak menimbulkan gejolak ditengah-tengah  masyarakat dan tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi.

Penetapan prolegda tersebut,  lanjut Yusuf, sebagai acuan kerja penyusunan Perda setiap tahunnya juga dilakukan  berdasarkan skala prioritas dengan mangacu pada rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten PPU.

“Semua penyusunan Raperda menjadi Perda, harus dilakukan sesuai skala prioritas daerah yang mengacu pada RPJMD Kabupaten PPU,”tegasnya.  (admin)