Search
Saturday 24 June 2017
  • :
  • :

Komisi XI DPR RI Setuju Jembatan PPU-Balikpapan Dibangun

Penajam-Kunjungan rombongan Komisi XI DPR RI ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (27/10) kemarin, merupakan kesungguhan Bupati PPU, H. Andi Harahap, bahwa keinginan membangun jembatan PPU-Kota Balikpapan tidaklah main-main.

Ini bukti yang sudah saya lakukan. Akhirnya  rombongan Komisi XI DPR RI yang membidangi anggaran mau datang ke PPU dan ngecek langsung ke lokasi di Pantan Nipah-Nipah”, terang Andi Harahap kepada wartawan di sela pertemuan dengan rombongan Komisi XI DPR RI yang didampingi Pejabat Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementrian PPN. Rombongan berjumlah 13 orang ini dipimpin Achsanul  Qosasi memberikan apresiasi atas pemaparan program pembangunan yang disampaikan Kepala Bappeda H. Syamsul Qomar. Pemaparan ini juga banyak dihadiri pejabat eselon struktural , pejabat Muspida PPU, Ketua DPRD kabupaten Paser, Lurah dan Camat sekabupaten PPU serta LSM dan para pengusaha.

Dihadapan para Pejabat Tinggi Negara itu, Andi Harahap berupaya meyakinkan kepada Komisi XI DPR RI kalau program jembatan PPU-Balikpapan yang digagasnya beberapa tahun lalu itu haruslah terwujud demi terciptanya kesejahteraan masyarakat Kabupaten PPU pada khususnya dan Kalimantan pada umumnya. Keberadaan jembatan tersebut, selain dapat mempercepat pertumbuhan serta memperlancar kegiatan pembangunan dan perekonomian, baik bagi Penajam Paser Utara maupun Balikpapan, juga memiliki nilai strategis dari sisi pertahanan dan keamanan, karena dapat mempermudah akses pergeseran pasukan ketika mereka dibutuhkan dalam waktu segera. Selain itu, dengan adanya jembatan tersebut, Kabupaten Penajam Paser Utara dapat menjadi daerah penyangga bagi Kota Balikpapan, seperti Kota Depok atau Tanggerang sebagai daerah penyangga Kota Jakarta. Dengan semakin padatnya penduduk Kota Balikpapan. Untuk tempat tinggal, masyarakat dapat memilih Penajam, dan bekerja di Balikpapan.

Terkait kegiatan hari ini, saya menyambut gembira kunjungan kerja Komisi 11 DPR RI di Kabupaten Penajam Paser Utara ini. Saya berharap dengan kunjungan ini, dapat menjadi wahana menyerap aspirasi masyarakat dan  melihat langsung kondisi Kabupaten Penajam Paser Utara. Sehingga Bapak dan Ibu dapat memahami sepenuhnya kebutuhan pembangunan yang diperlukan oleh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara. Selanjutnya hasil kunjungan ini, kiranya dapat manjadi bahan bagi Komisi XI DPR RI dalam membuat rekomendasi ke Pemerintah tentang kegiatan pembangunan, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Komisi XI DPR RI secara umum setuju atas keinginan Pemerintah Kabupaten PPU untuk membangun jembatan PPU-Balikpapan. “kami setuju saja atas rencana Pemerintah Kabupaten PPU untuk membangun jembatan PPU-Balikpapan, nanti kita tunggu usulan dari Bappenas setelah pertemuan ini dan akan langsung membahasnya di DPR”, jelas Achsanul Qosasi.dalam tinjauannya ke lokasi di pantai Nipah-Nipah yang dijadikan pilihan pertama membangun proyek besar ini, Achsanul ternyata lebih tertarik jembatan dibangun di lokasi Nipah-Nipah-Melawai Balikpapan. “Bagus di sini Nipa-Nipah- Melawai), jaraknya lebih dekat, kami dukung sepenuhnya, nanti kami kawal sampai berhasil” ucapnya.

Dalam Acara kunjungan DPR RI itu, Andi Harahap juga menyampaikan bahwa di Kabupaten PPU lebih tepatnya di Lawe-Lawe akan dibangun terminal minyak mentah ke-2 terbesar di dunia setelah terminal minyak mentah yang ada di Bahrain yang rencana pembangunannya akan dilakukan pada tahun 2012.(hms10)

www.penajamkab.go.id

Comments

comments




Leave a Reply