Search
Sunday 22 October 2017
  • :
  • :

Akan Ada Penghargaan Bagi Perusahaan Yang Konsisten Keluarkan CSR

Rapat Pansus I DPRD PPU dengan dinas terkait

Rapat Pansus I DPRD PPU dengan dinas terkait

Dprd-penajamkab.go.id — PPU — Penyusunan atas raperda CSR (coorporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan masih terus berlanjut. Dalam rapat yang digelar oleh Pansus I DPRD PPU dengan beberapa dinas terkait beberapa waktu lalu, membahas terkait upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan kesadaran perusahaan dalam merealisasikan kegiatan tersebut.

Ketua Pansus I, Sariman menjelaskan dalam raperda yang kini tengah dirinya susun itu diharapkan memuat peraturan mengenai reward (penghargaan, red) terhadap perusahaan yang secara konsisten melakukan kegiatan CSR. “Dalam setiap pembahasan, Kami (pansus I, red) selalu berupaya untuk memuat regulasi itu,” jelasnya.

Ketua Pansus I DPRD PPU, Sariman, S.Pdi

Ketua Pansus I DPRD PPU, Sariman, S.Pdi

Selain itu, raperda yang mengatur mengenai CSR ini diakui Sariman, memiliki beberapa permasalahan yang cukup komplek. Politisi PKS itu kemudian menambahkan, dalam realisasinya tanggung jawab sosial suatu perusahaan memiliki beberapa tipe.

Berdasarkan dari studi banding yang telah dilakukan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim memberikan besaran 3 % bagi setiap perusahaan. Sedangkan untuk daerah lain seperti Kutai Timur, telah membentuk forum yang bertugas membuat pemetaan potensi CSR di daerah, kemudian menyelaraskan dengan usulan kegiatan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Hanya saja, realita yang harus dihadapi ialah kurang maksimalnya forum-forum yang telah dibentuk seperti yang dialami oleh kabupaten Kutai Kertanegara.

Berbeda halnya dengan daerah Bandung. Pada daerah ini justru tidak dibentuk  badan ataupun forum, melainkan disodori hasil Musrembang dan pilihan mana yang mau dikerjakan. “Kami sangat berharap raperda ini dapat segera disahkan,” tegasnya. (hmsdprd-Ah)

Comments

comments




Leave a Reply