Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Cegah Kebakaran Hutan, Nanang Harapkan Sosialisasi Diperkuat

Peserta apel siaga dan parade umum cegah kebakaran hutan dan lahan. (hms/mif)

Peserta apel siaga dan parade umum cegah kebakaran hutan dan lahan. (hms/mif)

Penajam, dprd-penajamkab.go.id — Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar apel siaga parade umum pengendalian kebakaran hutan dan lahan di halaman Stadion Olahraga PPU, Selasa (16/6/2015).

Kegiatan yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini dimaksudkan sebagai ajang evaluasi serta memperkuat hubungan kerjasama antar elemen pengendali kebakaran hutan dan lahan.

Plt. Sekda PPU, M. Thohar selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Bupati PPU, memberikan apresiasi positif atas penyelenggaraan kegiatan yang bertema “Kendalikan Kebakaran Hutan dan Lahan Demi Keselamatan Sumber Daya Alam “.

Diakuinya, kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang harus diantispasi secara dini dan cepat. Faktor-faktor penyebabnya, lanjut Thohar,  harus dihindari demi keselamatan dan kelestarian hutan di daerah PPU.

“Saat membuka lahan, hendaknya jangan dengan cara membakar hutan. Saat mematikan rokok, pastikan apinya benar-benar sudah padam. Saat berkemah, sisa api unggun yang digunakan juga harus dipastikan sudah padam,” terang Thohar.

SOSIALISASI KEBAKARAN

Sementara itu, Ketua DPRD PPU, Nanang Ali mengharapkan agar sosialisasi  pencegahan kebakaran hutan dan lahan dapat lebih digiatkan. Pemerintah Daerah bisa saja mengeluarkan surat edaran Bupati terhadap permasalahan kebakaran hutan tersebut. Jika perlu,  dalam surat edaran itu dapat disertakan pula sanksi kepada para pelanggar.

“Seluruh lapisan masyarakat harus dilibatkan dalam prosesnya,” katanya.

Menurut Nanang, banyaknya media yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait dalam menyebarluaskan informasi terkait pencegahan, penanganan dini serta sanksi tegas yang akan diberikan atas para pelanggar.

“Kami menghimbau agar pemetaan terhadap titik-titik rawan terbakar dapat dilakukan. Dengan demikianada langkah yang benar-benar sitematis dalam pencegahan, penanganan awal serta penegakkan hukum yang tegas terhadap permasalahan kebakaran hutan dan lahan ini,” kata politisi Golkar yang ditemui usai kegiatan apel siaga. “Koordinasi dengan perusahaan-perusahaan terkait juga harus dilakukan,” tambahnya. (hms/mif)

Comments

comments




Leave a Reply