Search
Monday 22 January 2018
  • :
  • :

Humas sebagai Gerbang Terdepan Pemberi Informasi

Andi Arianto, S.Sos Kasubbag Humas & Protokol Sekretariat Dewan Kab. PPU

Andi Arianto, S.Sos

Di era globalisasi, pelayanan informasi pemerintah kepada publik adalah suatu tuntutan kebutuhan yang tidak bisa dielakkan seiring kian pesatnya perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Perkembangan Iptek di bidang informasi dan komunikasi bisa dijadikan langkah awal perbaikan pelayanan publik  termasuk di bidang kehumasan.

DPRD merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam memajukan tingkat kehidupan rakyat dengan berpegang pada program pembangunan pemerintah dan memperhatikan aspirasi rakyat daerah melalui tiga  fungsi DPRD yaitu,pembentukan peraturan daerah (Legislasi),Kewenangan dalam hal anggaran daerah (Budgeting) dan Kewenangan dalam mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan daerah (Pengawasan) yang kesemuanya itu bermuara pada kewajiban dewan (DPRD) untuk dapat mengemban amanat rakyat dengan memperhatikan, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Aspirasi  masyarakat kepada Dewan harus dapat dikelola dengan baik sesuai dengan mekanisme yang ada. Aspirasi dari bawah (grassroot) atau isu yang sedang berkembang di masyarakat tentunya menjadi informasi yang sangat dibutuhkan oleh Dewan demi terwakilinya aspirasi yang telah diamanahkan. Dengan demikian system pemerintahan yang transparan, jujur, bersih sekaligus pemerintahan yang dapat merangkul masyarakatpun dapat diwujudkan dengan terciptanya alur komunikasi dua arah ini. Masyarakat mampu memberikan asprirasinya.

Itulah sebabnya Humas dalam lembaga pemerintah khususnya di Sekeretariat Dewan merupakan suatu keharusan fungsional dalam rangka tugas penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan-kegiatan lembaga pemerintah kepada masyarakat. Humas di lembaga swasta memiliki struktur organisasi yang lebih ketat, sehingga peranannya sangat spesifik. Sedangkan humas pemerintah disamping bertugas menyelenggarakan dan mengkoordinasikan lalu lintas arusi nformasi kedalam dan keluar, ia juga berfungsi sebagai penyaring atau filter dari komunikasi timbal balik dengan tujuan untuk menciptakan dan membina stabilitas sosial. Tetapi secara umum, baik humas pemerintah maupun humas swasta mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan iklim pendapat umum yang menguntungkan.

Dunia politik yang saat ini memang sangat lekat dengan kesan negatif dan dipenuhi berbagai ragam strategi atau intrik yang lebih menjurus kepada kepentingan kelompok tertentu. Oleh sebab itulah dunia kehumasan, khususnya di lingkup Sekretariat DPRD Kab. PPU, lebih diarahkan dalam bentuk model memfasilitasi segala kegiatan yang dilakukan oleh para wakil rakyat. Dan, fasilitasi yang diberikan pada saat ini memang masih terbatas pada penyampaian informasi kegiatan dengan melalui media cetak (Tribun Kaltim, Kaltim Post, Balikpapan Post, Gugat, Koran Kaltim dan Majalah Warta Dewan) atau media online dengan alamat laman (website) pada www.dprd-penajamkab.go.id yang mana media itu menjadi kewenangan atau domain Sekretariat Dewan. Dan jujur harus Kami sampaikan bahwa dalam tugasnya, Kami masih merasa jauh dari kata cukup. Untuk kedepannya Kami tentu akan selalu berbenah diri demi terciptanya sebuah alur komunikasi yang harmonis yang sekaligus juga keberhasilan Humas sebagai Gerbang Terdepan Pemberi Informasi.

Penulis: Andi Arianto, S.Sos

* Kasubbag Humas & Protokol Sekretariat Dewan Kab. PPU

 

Comments

comments