Search
Monday 22 January 2018
  • :
  • :

Sariman: Reses, Sarana Penyampai Informasi dan Serap Aspirasi

SARIMANPENAJAM, DPRD-PENAJAMKAB.GO.ID – Reses anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selama ini, merupakan tanggungjawab setiap anggota dewan kepada pemilihnya, dan merupakan kegiatan resmi yang sudah dijadwalkan dan dibiayai oleh pemerintah. Demikian diterangkan, anggota DPRD PPU Dapil Sepaku, Sariman saat melaksanakan reses pada masyarakat sejumlah Desa dan Kelurahan di Kecamatan Sepaku beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, maksud diadakan reses adalah untuk mengi-nformasikan  hal–hal yang sudah dilakukan, sedang dikerjakan dan apa yang akan dikerjakan oleh DPRD. Selain itu juga untuk menyerap lebih banyak aspirasi masyarakat sehingga hasil reses itu dibawa ke DPRD untuk ditindaklanjuti.
“Reses sebagai sarana penyampaian informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat ke seluruh anggota DPRD tak terkecuali masy-arakat di Kecamatan Sepaku ini. Nantinya aspirasi itu dapat disampaikan dan diwujud-kan dilihat dari segi prioritasnya,”tukasnya.
Sariman menuturkan, mekanisme pembangunan sebenarnya harus melalui tahapan down to up atau dari bawah ke atas yakni diserap dari aspirasi masyarakat dengan tahapan awal pada musyawarah di tingkat desa atau kelurahan, lalu dilanjutkan Musrembang tingkat kecamatan dan finalnya di Musrembang tingkat Kabupaten.
Hasil dari Musrembang tersebut, lanjutnya, kemudian pemerintah menyusun kedalam program pemerintah yang dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) pada masing – masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan selanjutnya disampaikan berupa rancangan APBD ke DPRD untuk diadakan pembahasan yang sebelumnya dibuat KUA – PPAS sebagai pembahasan awal di tingkat DPRD.
Ia menambahkan, untuk diketa-hui pada tahun 2013 silam, reali-sasi proyek di Kecamatan Sepaku diantara-nya, peningkatakan jalan lingkungan, pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN 024 Sepaku di desa Binuang, pembangunan Puskesmas, pembangunan jaringan penga-iran, pembangunan pintu air serta beberapa proyek multi years lanjutan seperti jalan Aor-gomulya menuju Semoi II, jalan Argomulyo – Wonosari serta jalan Lorong Desa Bukit Raya.
Sementara itu, ungkapnya, untuk aspirasi tahun anggaran  2014 ini yang dialokasikan di Kecamatan Sepaku yakni, perbaikan pondasi dan semenisasi pelabuhan, pembangunan gapura, semenisasi jalan – jalan gang, drainase, pembangunan SMKN 5 Penajam serta pengadaan Speedboat ambulans untuk Puskesmas.
“Untuk selanjutnya, kita kembali menyam-paikan aspirasi yang prioritas bagi kepenti-ngan masyarakat di Kecamatan Sepaku melalui reses yang kita gelar saat ini,”tukasnya.
Menanggapi pertanyaan dan permoho-nan masyarakat, seperti jalan usaha tani, bantuan bibit karet dan pupuk termasuk bantuan keramba dan bibit ternak, Sariman mengatakan, untuk peningkatan jalan usaha tani ke kelas agregat akan dicoba diusulkan kepada pemerintah, namun hal itu tidak bisa dilakukan secara menyeluruh ibarat roti dana APBD PPU harus dibagi – bagi secara merata. Begitu pula menanggapi usulan masalah sek-tor pertanian, perkebunan, perternak, pen-didikan dan sektor pembangunan lainnya, akan dikoordinasikan dengan SKPD terkait.
“Kami berharap melalui reses tersebut, apa yang menjadi permasalahan ataupun keinginan masyarakat dapat diketahui DPRD dan pemerintah, nantinya akan dicarikan solusinya,”pungkasnya.***

Comments

comments




Leave a Reply