Search
Tuesday 21 November 2017
  • :
  • :

Tiga Pasangan Calon Sampaikan Visi Misi di Depan Dewan

PENAJAM, DPRD-PENAJAMKAB.GO.ID—Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU) peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), Senin siang (8/4) menyapaikan visi misi masing-masing yang dikemas dalam rapat paripurna istimewa DPRD PPU yang merupakan awal sebelum dilaksanakan tahapan kampanye.

Dalam  rapat yang dipimpin Ketua DPRD PPU, Nanang Ali SE dihadiri wakil ketua dan seluruh anggota DPRD serta undangan lainnya, mengatakan   penyampaiannya masing-masing calon dilakukan secara bergilir dimana setiap pasangan mendapatkan waktu penyampaian visi misinya maksimal selama 30 menit.

“Untuk giliran pertama kami  persilahkan pasangan nomor urut satu  bapak   Yusran Aspar  –  Mustaqim MZ   (YAQIN) kemudian dilanjutkan  pasangan nomor dua  Andi Harahap,  –  Sutiman MM  (AMAN) dan pasangan calon dengan giliran terakhir adalah pasangan nomor urut 3 ibu Sandra Pusfita Dewi –  Harimudin Rasyid (SPDU),” ujarnya.

Pada kempatan itu, calon bupati  Yusran Aspar  mengatakan visi pasangan ini adalah mewujudkan masyarakat Kabupaten PPU yang sejahtera, berkualtias, mandiri dalam kehidupan damai berkeadilan dan agamais.

Sedangkan pada misinya teruang dalam tekad panca karya antara lain, meningkatkan kemampuan  SDM dengan penguasaan Iptek dan Imtaq, menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik berdaya guna dan berhasil guna bebas dari KKN, memelihara, meningkatkan dan membangun insfrastruktur daerah, memberdayakan dan meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan misi terakhir adalah optimalisasi potensi SDA untuk kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan.

Dirinya juga memberikan masukan tentang pertanian di Kabupaten PPU khususnya petani padi di Kecamatan Babulu yang hingga saat ini hanya bisa panen sekali dalam setahun. Hasil  pertanian tersebut dapat dikalkulasikan bahwa masyarakat petani di kecamatan babulu belum sejahtera. “Kedepan sistem pertanian ini akan kami ubah dengan pertanian yang handal, sehingga dalam setahun petani dapat panen hingga tiga kali atau lebih, sehingga para petani dijamin sejahtera, “ terang Yusran.

Dalam visi dan misi yang lain, Anggota DPRD Pusat ini juga berjanji bila ia terpilih akan mensejahterakan PNS, dan meningkatkan Sumber Daya Manusia SDM yang berkualitas  di Kabupaten PPU. Kabupaten PPU adalah daerah yang kaya, tapi masih banyak kemiskinan. Hal ini harus ditunjang SDM yang baik. Selain itu, ia  berjanji memperbaiki insfrastruktur yang ada di kabupaten PPU seperti jalan, jembatan, sekolah, perkantoran dan lain-lain.

Sementara itu pasangan nomor dua Andi Harahap saat menyampaikan visi dan misi mengatakan, kalau dirinya tidak terlalu pandai dalam berpidato, namun lebih mengutamakan pekerjaan dan hasil yang dicapai di lapangan hingga saat ini.

Andi mengatakan, pertanian di Kabupaten PPU telah berjalan dengan baik. Hal ini juga telah dibuktikan dengan prestasi yang diraih Kabupaten PPU. “Prestasi pertanian di Kabupaten PPU bahkan telah diakui hingga tingkat nasional. Hal ini terbukti selama kepemimpinan kami telah empat kali menerima penghargaan bidang pertanian langsung dari Presiden RI, “ terang Bupati.

Andi Harahap berjanji, terus melaksanakan program-program yang telah terlaksanakan selama hampir lima tahun terakhir dirinya menjadi Bupati, antara lain program pendidikan geratis, kesehatan geratis, kependudukan, dan lain-lain dan akan melaksanakan program-program baru diantaranya bebas seragam sekolah bagi pelajar, dan kartu sehat bagi masyarakat PPU untuk berobat dimana saja.

Pasangan calon  nomor urut 3, Sandra Puspita Dewi didampingi Harimudin Rasyid,  yang juga istri Wakil Bupati PPU ini  membeberkan, terdapat beberapa point dalam  misi yang ditawarkan SPDU, antara lain, ingin menciptakan iklim yang kondusif bagi kehidupan yang aman, damai, religious dan inovatif serta implementasi pemberdayaan masyarakat dengan konsep kelurahan dan desa membangun.

Dalam misinya lainnya, jelasnya,  pasangan SPDU juga berupaya  untuk menguatkan kelembagaan dan sumber daya apartur dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik.  Sedangkan misi lainnya adalah, terciptanya peningkatan jangkauan dan kualitas pelayanan dalam pemenuhan dasar masyarakat khususnya pendidikan dan kesehatan.

Menurutnya, pembangunan di Kabupaten PPU hingga saat ini masih banyak yang belum tepat sasarannya atau tidak sesuai dengan keinginan rakyat. “Pemerintah dengan rakyat harus bisa bersinergi, sehingga pembangunan di PPU dapat benar-benar berjalan dan sesuai dengan keinginan masyarakat PPU. Jika saya nanti terpilih sebagai bupati saya  berjanji untuk membenahmi birokrasi di PPU, mensejahterakan masyarakat serta akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten PPU.

Diakhir sambutannya sandra juga banyak mengkritik Pegawai Negri Sipil (PNS) yang kurang disiplin dalam berkerja. “ Nantinya tidak ada lagi PNS yang bermalas-malasan untuk berkerja dan semua peraturan tersebut akan kami jalankan sesuai ketentuan pegawai. Kami juga akan mensehjahterakan PNS diantaranya akan menaikkan Tunjangan Pegawai atau Insentif kepada PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten PPU. ***

Comments

comments




Leave a Reply